Provinsi Gorontalo

BI Gorontalo Berbagi dengan Pondok Pesantren, Abang Bentor, dan LKSA

REDAKSI69.COM – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo sejak tanggal 9 April dan 6-7 Mei 2021 menggelar Program Sosial dengan tema “Peduli COVID-19” dan “Bank Indonesia Berbagi”. 

Target Bank Indonesia pada program ini adalah Pondok Pesantren yang merupakan tulang punggung perkembangan Ekonomi dan Keuangan Syariah, Pengemudi bentor yang merupakan salah kelompok profesi jasa transportasi terbanyak di Gorontalo yang terdampak operasionalnya akibat Pandemi COVID-19, dan Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) yang memerlukan perhatian lebih dari pihak luar dalam mempertahankan kesejahteraannya.

Serangkaian Program Sosial ini bertujuan untuk mendorong Pemulihan Dampak COVID-19 kepada masyarakat yang terdampak dan mendukung pemulihan ekonomi regional dan juga nasional.

Pondok Pesantren Moosalamati 2 merupakan pesantren baru yang terletak di Kecamatan Tapa, Bone Bolango. Disampaikan bahwa pada bulan Maret, stok bahan makanan pesantren tidak mencukupi kebutuhan para santri pada Bulan Ramadan 2021. Bank Indonesia memberikan Paket Bantuan Sembako dan juga Pencegahan Penularan COVID untuk meringankan beban operasional pondok pesantren yang menanggung para santri yang tinggal di pesantren.

Kembangkan Ekonomi-Keuangan Syariah dan Ekosistem Pembayaran Digital di Tengah Pandemi

Potensi Ekonomi dan Keuangan Syariah yang stabil di tengah pandemi COVID-19 yang masih melanda, dapat terus didorong untuk menumbuhkan perekonomian. Terpantau, saat pandemi menyebabkan perlambatan ekonomi di berbagai industri, industri halal tidak terdampak separah yang lain. Bank Indonesia akan terus mendorong peranan dan kemandirian pesantren yang merupakan tulang punggung dari ekonomi syariah.

Dalam PSBI peduli COVID Bentor, para pengemudi bentor yang menjadi penerima manfaat bantuan sosial juga dilengkapi dengan alat pendukung QRIS berupa stiker dan kalung nametag yang menampilkan QR-code QRIS pengemudi tersebut. Pemberian bantuan juga diselingi dengan sosialiasi penggunaan QRIS kepada pengemudi bentor.

Harapan dari program PSBI kepada pengemudi bentor adalah agar mereka dapat menjadi pioneer perluasan ekosistem pembayaran digital di Gorontalo.

Pada acara “Bank Indonesia Berbagi” tanggal 7 Mei 2021, Budi Widihartanto selaku Kepala Perwakilan Bank Indonesia menjelaskan bahwa Bank Indonesia secara konsisten terus mengimplementasikan nilai nilai luhur religi dalam setiap pekerjaan.

“Hal ini agar seluruh pekerjaan yang kita laksanakan dapat memberikan kebermanfaatan yang optimum bagi kemajuan dan kesejahteraan bangsa Indonesia, termasuk diantaranya nilai religi yang secara konsisten terus kita implementasikan adalah Program BI Berbagi,” imbuhnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Back to top button