Olahraga

BREAKING NEWS! 6 Klub Liga Inggris Kompak Mundur dari European Super League

REDAKSI69.COM – Polemik seputar gelaran European Super League atau Liga Super Eropa terus menggelinding. 12 tim elit Eropa pada Minggu (18/4/2021) mengumumkan hajatan liga yang disebut-sebut disokong dana besar dari perusahaan keuangan ternama asal Amerika Serikat JP Morgan.

Penolakan itu juga disokong banyak pihak, mulai dari banyak tim liga-liga di Eropa, pemain, hingga para fans.

Namun, belum sampai 48 jam dari pengumuman itu, sejumlah tim, khususnya dari Liga Inggris menyatakan mundur teratur alias batal ikut Liga Super Eropa. Diketahui, badan sepak bola resmi Eropa UEFA dengan tegas menolak ide berdirinya Liga Super Eropa. Mereka bahkan akan memberikan sanksi tegas, baik kepada klub maupun pemain yang ikut kompetisi tersebut.

Informasi soal mundurnya tim-tim elit Liga Inggris dari Liga Super Eropa kami lansir dari laman BBC.comBBC menulis, total ada enam tim dari Liga Inggris yang menarik diri dari turnamen tersebut.

Menurut BBC, adalah Manchester City menjadi klub pertama yang secara resmi menarik diri setelah Chelsea mengisyaratkan niat mereka mundur dengan menyiapkan dokumen pengunduran diri.

Empat tim lainnya – Arsenal, Liverpool, Manchester United dan Tottenham – disebut bakal mengikuti langkah tersebut juga.

Manchester City mengonfirmasi bahwa mereka telah “secara resmi memberlakukan prosedur untuk mundur” dari Liga Super Eropa.

Pihak Liverpool juga mengatakan keterlibatan mereka dalam liga yang memisahkan diri “telah dihentikan”.

Sementara itu, Manchester United mengatakan mereka telah “mendengarkan dengan cermat reaksi dari para penggemar kami, pemerintah Inggris dan pemangku kepentingan utama lainnya” dalam membuat keputusan mereka untuk tidak ambil bagian.

Disusul permintaan maaf dari Arsenal melalui surat terbuka kepada fans mereka dan mengatakan mereka telah “membuat kesalahan”, menambahkan mereka mundur setelah mendengarkan mereka dan “komunitas sepak bola yang lebih luas”.

Ketua Tottenham Daniel Levy mengatakan klub menyesali “kecemasan dan kesal” yang disebabkan oleh proposal tersebut.

‘Enam besar’ sepak bola Inggris adalah bagian dari grup, juga terdiri dari Atletico Madrid dari Spanyol, Barcelona dan Real Madrid dan AC Milan dari Italia, Inter Milan dan Juventus, yang mengumumkan rencana untuk membentuk liga yang memisahkan diri dari kompetisi yang selama ini mereka ikuti.

Keputusan itu langsung menuai kutukan fans, otoritas sepak bola dan menteri pemerintah di Inggris dan di seluruh Eropa oleh UEFA dan asosiasi liga.

Sekitar 1.000 penggemar berkumpul di luar lapangan Stamford Bridge Chelsea sebelum pertandingan mereka melawan Brighton pada hari Selasa untuk memprotes keterlibatan klub mereka.

Chelsea belum merilis pernyataan yang mengonfirmasi pengunduran diri mereka, meskipun editor olahraga BBC Dan Roan melaporkan sebelumnya pada hari Selasa bahwa The Blues telah memulai proses untuk menarik diri dari turnamen yang diusulkan.

Wakil ketua eksekutif Manchester United Ed Woodward, yang terlibat dalam diskusi Liga Super, telah mengumumkan akan mundur dari perannya pada akhir 2021.

Para Pemain Ikut Menolak

Laga Leeds vs Liverpool diwarnai protes keras dari fans yang menolak Liga Super Eropa. (Twitter/@BeWarmers)
Laga Leeds vs Liverpool diwarnai protes keras dari fans yang menolak Liga Super Eropa. (Twitter/@BeWarmers) (Istimewa)

Para pemain terkemuka di beberapa dari enam klub mengisyaratkan ketidaksetujuan mereka terhadap liga yang memisahkan diri.

Kapten Liverpool Jordan Henderson mengatakan di media sosial “Posisi kolektif” timnya adalah mereka tidak ingin Liga Super berlangsung.

“Kami tidak menyukainya dan kami tidak ingin itu terjadi,” bunyi pesan yang juga diposting oleh banyak rekan pemain Liverpool.

Setelah City mengonfirmasi pengunduran diri mereka, pemain sayap Inggris Raheem Sterling memposting: “Oke, selamat tinggal.”

Demi mencegah ancaman Liga Super Eropa, UEFA tengah menyusun format baru Liga Champions dengan 36 tim baru, yang disepakati pada hari Senin.

Dalam mengumumkan proposal mereka untuk Liga Super yang pada akhirnya akan terdiri dari 20 tim, kelompok 12 klub itu mengatakan reformasi tidak berjalan cukup jauh.

Presiden Real Madrid Florentino Perez, yang ditunjuk sebagai ketua ESL, mengatakan kompetisi itu dibuat “untuk menyelamatkan sepak bola” karena kaum muda “tidak lagi tertarik” pada permainan karena “banyak permainan berkualitas buruk”.

Tak satu pun dari tim Spanyol dan Italia yang merilis pernyataan setelah enam tim Liga Premier mundur.

Bagaimana Tanggapan Klub?

Dewan Arsenal mengatakan mereka tidak berniat untuk “menyebabkan kesusahan” dan bahwa mereka bergabung dengan Liga Super karena mereka “tidak ingin tertinggal” dan ingin memastikan masa depan klub.

“Tujuan kami selalu membuat keputusan yang tepat untuk klub sepak bola hebat ini, untuk melindunginya untuk masa depan dan membawa kami maju,” tambah mereka.

“Kami tidak membuat keputusan yang tepat di sini, yang kami terima sepenuhnya.”

Manchester United mengatakan bahwa mereka “tetap berkomitmen untuk bekerja dengan orang lain di seluruh komunitas sepak bola untuk menghasilkan solusi berkelanjutan untuk tantangan jangka panjang yang dihadapi permainan”.

Liverpool mengatakan klub telah “menerima perwakilan dari berbagai pemangku kepentingan utama, baik secara internal maupun eksternal” sebelum mencapai keputusan mereka dan berterima kasih atas “kontribusi berharga” mereka.

Levy mengatakan bahwa Tottenham merasa “penting” untuk mengambil bagian dalam “kemungkinan struktur baru yang berusaha untuk lebih memastikan permainan adil finansial dan kesinambungan keuangan sambil memberikan dukungan yang meningkat secara signifikan untuk piramida sepak bola yang lebih luas”.

Dia menambahkan: “Kami ingin berterima kasih kepada semua pendukung yang menyampaikan pendapat mereka.”

Manchester City mengatakan mereka telah “secara resmi memberlakukan prosedur untuk mundur dari grup yang mengembangkan rencana Liga Super Eropa”.***

Editor : Aldy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Back to top button