Nasional

Elit Politik Asal Gorontalo Beserta Aparat Kementrian LHK Berkunjung di Provinsi Gorontalo.

REDAKSI69.COM – Dalam rangka tugas dan kunjungan kerja Plt. Dirjen PDASRH KLHK diikuti rombongannya minggu, 27 Juni 2021 tiba di Provinsi Gorontalo.

Kedatangan tamu dari pusat, Plt. Dirjen Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Rehabilitasi Hutan (PDASRH) Kementerian LHK, Ir. Helmi Basalamah, MM saat berkunjung mendampingi Wakil Ketua MPR, Prof. DR. Ir. Fadel Muhammad.

Kunjungan kerja Dirjen PDASRH bersama-sama dengan Fadel Muhammad selaku wakil ketua MPR serta Bupati Gorontalo, Prof. Dr. Nelson Pomalingo, M.Pd., menghadiri rangkaian acara peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia ke-47 yang dilaksanakan di Desa Dulamayo Utara Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Acara tersebut dihadiri juga oleh masyarakat Desa Dulamayao Utara dan sekitarnya.

Dalam kesempatan tersebut Plt. Dirjen PDASRH menyatakan komitmen Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui Balai Pengelolaan DAS dan Hutan Lindung (BPDASHL) Bone Bolango sebagai UPT KLHK, untuk mendukung secara penuh Kabupaten Gorontalo dalam upayanya melestarikan lingkungan hidup dan sumber daya alam di Kabupaten Gorontalo. Komitmen tersebut, diantaranya dengan program-program yang telah dilaksanakan BPDASHL Bone Bolango seperti program Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL), pembuatan Kebun Bibit Rakyat (KBR), Banguan Konservasi Tanah dan Air (KTA) dam penahan dan gully plug, pembagian bibit gratis dari Persemaian Permanen serta bibit produktif.

Lebih lanjut, menurut Plt. Dirjen PDASRH, komitmen KLHK lainnya dalam mendukung upaya pelestarian alam di Kabupaten Gorontalo, khususnya program dari Pemerintah Kabupaten Gorontalo untuk mewujudkan Desa Dulamayo Utara dan sekitarnya untuk menjadi sentra buah-buahan di Provinsi Gorontalo. Selain itu, KLHK melalui BPDASHL Bone Bolango berkomitmen mendukung dan melestarikan lingkungan hidup dan sumber daya alam dengan menyediakan bibit gratis dari persemaian permanen di Desa Toyidito Kecamatan Pulubala sebanyak 750.000 batang per tahun.

Dirjen PDASRH juga menganjurkan kepada masyarakat petani untuk menghindari persiapan dan pembersihan lahan dengan cara menyemprot menggunanakan herbisida dan kemudian membakarnya. Cara tersebut akan berdampak buruk, dapat mematikan tanaman kayu-kayuan/buah-buahan yang sedang ditanam maupun yang sudah tumbuh.

Pada kesempatan tersebut, Dirjen PDASRH menyampaikan bahwa pola agroforestry diharapkan bisa menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam jangka pendek dan jangka panjang. Tanaman semusim berupa jagung bisa memenuhi kebutuhan jangka pendek atau sehari-hari, sedangkan tanaman tahunan berupa buah-buahan bisa memenuhi kebutuhan jangka panjang masyarakat. Tidak lupa pula, Dirjen PDASRH mengingatkan dan mengharap stakeholder yang terlibat untuk sama-sama berkomitmen menjaga keberadaan Danau Limboto, sebagai salah satu dari lima belas danau prioritas nasional, agar keberadaan Danau Limboto akan terus bisa dipertahankan sampai di masa depan, dan tidak hanya tinggal cerita.

Penyerahan Bibit Produktif Sebanyak 5.000 batang kepada masyarakat
Penyerahan Bibit Produktif Sebanyak 5.000 batang kepada Masyarakat

Untuk diketahui, Plt. Dirjen PDASRH, Ir. Helmi Basalamah, M.M. menyerahkan bibit produktif dan bibit dari Persemaian Permanen sebanyak 5.000 batang kepada Kepala Desa Dulamayo Utara serta penyerahan secara simbolis 1 (satu) unit Kebun Bibit Rakyat (KBR) kepada Wakil Ketua MPR untuk kemudian diserahkan kepada Kelompok Tani Motoloolohe dari Desa Biluhu Barat Kecamatan Biluhu Kabupaten Gorontalo. Acara diakhiri dengan penanaman bibit produktif oleh Wakil Ketua MPR, Bupati Gorontalo, serta Plt. Dirjen PDASRH.*

Editor: Bahtiar Suaib

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Back to top button