Provinsi Gorontalo

Geoheritage Dibahas Dalam Kopi Lolango

REDAKSI69.COM – Kopi Sore atau Kopi Lolango dalam bahasa Gorontalo, yang digelar oleh Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo, Rabu (24/3/2020) di Aula Rumah Jabatan Gubernur Gorontalo. Yang disiarkan langsung oleh Radio Rakyat Hulondalo dan secara virtual ini mengangkat tema Coaching Clinic Usulan Geoheritage (warisan geologi) Gorontalo.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Gorontalo Darda Daraba, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo Rifli Katili, Kepala Badan Bapppeda Provinsi Gorontalo Budiyanto Sidiki, dan juga Asep Kurnia Permana sebagai peneliti ahli madya sekaligus koordinator Geosains Badan Geologi yang mewakili Kepala Pusat Badan Geologi Kementrian ESDM RI.

Sekdaprov Gorontalo Darda Daraba yang mewakili Gubernur Gorontalo dalam kesempatan itu mengatakan terima kasih atas langkah awal yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo dan tim survei Badan Geologi Kementrian ESDM RI, untuk menuju Gorontalo menjadi Kawasan Geopark Nasional.

Menurutnya, pengembangan geopark menjadi instrumen dan solusi komprehensif untuk melestarikan warisan bumi dan membangun suatu kawasan secara berkelanjutan melalui kepariwisataan, di mana keanekaragaman hayati dan sumber daya alam perlu dijaga dan dikelola dalam suatu sistem yang memperhatikan dampak terhadap lingkungan, sosial, budaya dan ekonomi untuk masa kini dan masa depan.

“Satu kembanggaan dari teman teman pariwisata dan Bapppeda mengambil suatu ide untuk mengurangi kerusakan lingkungan dan saat ini juga kita diperhadapakan dengan pandemi, maka ini merupakan terobosan yang paling tepat untuk pengembangan geopark,” ungkapnya.

Darda Daraba menambahkan geopark menjadi salah satu pintu masuk untuk pengembangan pariwisata Gorontalo karena mempunyai warisan geologis bernilai internasional, seperti Danau Tektonik Limboto, Taman Laut Olele, Benteng Otanaha dan beberapa lokasi potensial lainnya.

Pemerintah Provinsi Gorontalo telah mengajukan usulan 26 warisan geologi ke Badan Geologi Kementerian ESDM dan saat ini tengah diteliti oleh tim survey dari Kementerian ESDM.

Sekda Darda berharap dari beberapa lokasi potensial yang diusulkan Pemprov Gorontalo bisa ditetapkan sebagai warisan geologi karena penetapan warisan geologi menjadi dasar pengembangan Geopark Nasional.***

Editor : Aldy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Back to top button