Legislatif

Program Sanitasi Mampu Berdayakan Masyarakat

GORONTALO (R69) – Sanitasi Berbasis Masyarakat (Sanimas) adalah program pemberdayaan masyarakat dengan maksud meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, meningkatkan kualitas sanitasi dan kebersihan lingkungan masyarakat, dan melindungi kualitas air tanah dari pencemaran bakteri e-coli dan mengurangi pencemaran badan air.

Program yang dilaksanakan oleh Kementerian PUPR Melalui Direktorat Penyehatan Lingkungan Permukiman Direktorat Jenderal Cipta Karya bekerja, mendapat respon dan apresiasi positif dari Komisi 3 DPRD Provinsi Gorontalo.

Related Articles

“Kami sangat mengapresiasi program atau kegiatan ini karena melibatkan dan memberdayakan masyarakat,” ungkap salah satu anggota komisi 3, Ismail Alulu saat melakukan monitoring pelaksanaan program Sanimas di Desa Buntu Utara, Kabupaten Bone Bolango, Jumat (19/02/2021).

Aleg PAN ini menuturkan, Sanimas ini menggunakan konsep pemberdayaan masyarakat untuk menjadikan masyarakat sebagai aktor utama dalam proses perencanaan, pembangunan, operasional, dan pemeliharaan fasilitas sanitasi komunal.

“Dengan adanya peran aktif dari masyarakat tersebut, diharapkan masyarakat akan merasa memiliki. Sehingga mereka tidak sungkan untuk memeliharanya sendiri demi terwujudnya kebermanfaatan fasilitas sanitasi yang berkelanjutan,” tuturnya.

Program Sanimas ini sendiri bertujuan untuk membuat maupun memperbaiki sistem sanitasi yang telah ada. Sehingga pencemaran lingkungan dapat terhindarkan dan tercipta kondisi lingkungan yang lebih bersih, sehat, dan nyaman bagi manusia.

“Saya berharap program Sanimas akan terus berkelanjutan karena mampu membantu juga turut memberdayakan masyarakat,” pungkasnya.

Editor: Harso Utiarahman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Back to top button